Thursday, July 9, 2015

Mengatasi Zimbra MTA dan Postfix Not Running

Saat menginstal zimbra email server, anda pernah merasakan keanehan seperti fungsi email yang tidak seperti seharusnya? Semua panduan yang dijabarkan di internet oleh para pakarnya sudah diikuti, namun tetap saja fungsi email terasa tidak normal.

Setelah coba cek services di email server zimbra, tampak ada services MTA dan Postfix statusnya not running.

Ada beberapa kemungkinan penyebab services tersebut tidak mau running. Pada beberapa kasus ditemukan penyebabnya adalah konflik pada port 25 yang digunakan oleh aplikasi lain.



Berikut ini langkah yang bisa dicoba untuk mengecek apakah benar terjadi konflik yang dimaksud. Salah satu solusi yang bisa dicoba yaitu merestart semua services yang berjalan, alih-alih anda merestart keseluruhan sistem.

Ingat, gunakan user root untuk mengeksekusi perintah yang dianjurkan.

1. Stop service postfix atau sendmail.
service postfix stopservice sendmail stop
2. Stop juga services Zimbra-nya
su - zimbra -c "zmcontrol stop"
3. Mengecek apakah masih ada services yang menggunakan port 25 yang aktif.
netstat -atpn | grep -i 25
Jika tidak ada, coba restart services Zimbra
su - zimbra -c "zmcontrol restart"
Jika ditemukan, coba atur penggunaan port, lalu restart services Zimbra.
Demikian, semoga bermanfaat.


Thanks to:
Mas Vavai dan Ahmad Excellent

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.