Sunday, February 16, 2014

Macbook Tidak Bisa Charge ? Kalibrasi Dulu Sebelum Jual

Beberapa waktu lalu, saya menemukan masalah pada macbook white saya. Macbook tidak bisa dicas, indikator di ujung kabel power adapter hanya berwarna hijau redup ketika listrik disambungkn. Padahal, seharusnya kondisi normal yaitu:berwarna oranye saat cas dan hijau terang saat penuh.

Beruntung, sebelum dijual, saya sempat nanya mbah google mengenai hal tsb. Ternyata ada cara yang belum saya coba. Setelah saya ikuti panduan di salah satu laman, kini macbook saya kembali normal, bisa dicas lagi.

Sebelumnya saya sempat menduga masalahnya ada pada baterai atau adaptor. Sempat sebelumnya ganti adaptor powersupply, namun terjadi lagi, macbook tidak bisa cas dan pakai adaptor pinjaman juga tidak mau.

Menurut tips disini, salah satu solusi baterai dengan cara kalibrasi.

Pertama, habiskan power di mackbook anda hingga macbook seolah mati. Sebenarnya masih tersisa power di baterai.
Lalu coba tekan lagi tombol powor utk menghidupkan kembali mesinnya.
Saat muncul logoapple, segera tekan tombol command dan S bersamaan agar masuk ke tampilan basic osx tanpa GUI.
Masukkan login root, dan biarkan sampai baterai habis total.
Setelah macbook mati, coba pasang adaptor powersupply.

Apabila lampu indikator menjadi berwarna orange terang, berarti macbook anda sudah berjasil kalibrasi.

Selamat, cas baterai macbook anda hingga penuh dan siap digunakan kembali.

:-)



2 comments:

  1. Ass gan mau Tanya nih penyakitnya samapercis sma Mac ane skrng tp masalahnya Mac ane udh kburu mati total abis banget udh gitu keyboardnya rusak ada cara lain ga ? Plus bgt ini gan thx buat infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alaikumusalam, maaf saya belum mengetahui cara lain selain ganti baterai lama dengan baterai lain yang masih baik apabila macbook sudah mati total. Trims mas kunjungannya.

      Delete

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.