Sunday, May 26, 2013

Yuk Pasang Lampu Safety Untuk Box Motor

Menggunakan box atau ekstra bagasi untuk motor memang banyak manfaatnya. Namun sangat tipis sekali dibalik manfaat ada juga bahayanya.

Box motor yang dipasang di buntut atau side box dan sidebag bisa menyamarkan fungsi stoplamp dan sein yang standar terpasang pada semua motor. Sehingga, tidak jarang terjadi kecelakaan akibat pengendara dibelakang tidak mampu membaca arah atau laju motor anda, ketika kita hendak melakukan pengereman atau berbelok. Lebih fatal, bisa mengakibatkan korban jiwa!

Kebanyakan box sudah menyediakan lampu stop tambahan untuk mendukung fitur safety. Bagi yang tidak memiliki tambahan lampu stop tersebut, tidak ada salahnya membuat sendiri seperti yang saya lakukan pada box motor saya.

Box yang saya gunakan dirancang agar mudah dibongkar pasang, karena tidak selalu menggunakan box untuk bepergian. Sehingga dengan bantuan tukang las dekat rumah akhirnya saya punya bracket box model geser dengan penahan 4 baut saja, yaitu 2 di buntut bawah jok--tempat baut bracket bawaan motor, dan 2 lagi di dudukan footstep gantung.




Untuk lampu tambahan, memakai variasi stoplamp dan sein yang dipasang dibagian belakang bawah box, agar tidak tersangkut kendaraan lain.

Bagaimana dengan pengkabelan? Agar tidak merepotkan saat bongkar pasang box, saya buat percabangan dari aslinya sehingga bisa membuat lampu bawaaan motor dan lampu tambahan menyala bersamaan saat digunakan. Atau mau menyalakan lampu tambahan saja ketika box terpasang juga tidak masalah, tinggal cabut konektor stoplamp bawaan dan pasang 1 saja yaitu konektor lampu bawaan.





Ketika sidebag ikut terpasang, nyala lampu tambahan tetap mampu memperingatkan pengendara di belakang agar waspada ketika kita akan berbelok atau menghentikan kendaraan.



Tidak sulit khan..

Keep Safety.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.