Friday, June 12, 2015

Mengatasi Battery Issue pada HTC One M7

Komponen baterai pada perangkat smartphone sangatlah penting. Dan sudah kita ketahui bersama yaitu baterai tersebut tentunya memiliki masa hidup dan dalam jangka waktu tertentu akan semakin menurun kemampuannya. Namun pada kenyataannya , fakta mengenai penurunan kemampuan baterai untuk menopang daya pada smartphone  ini  bisa berbeda, misalnya apabila kita bertanya " sebenarnya berapa lama sih masa hidup baterai ?"

Menurut informasi yang beredar di forum-forum dunia maya, penurunan kemampuan dan daya tahan baterai itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :
1. Terlalu sering menggunakan charger dibawah ampere yang disarankan
2. Overcharge, membiarkan charger terpasang sepanjang malam ketika proses pengisian sudah selesai
3. Menggunakan charger tidak orisinil, karena charger non-ori minus komponen tertentu yang tertanam dan charger ori tentunya melalui proses riset yang tidak sembarangan untuk mendukung perangkat yang dijadikan pasangannya. Salah satu tanda charger tidak cocok yaitu smartphone menjadi tidak responsif / laggy  ketika dipergunakan sambil charging -- bukan kebiasaan baik sih..

Pada smartphone keluaran HTC One seri M7, baterai tertanam didalam casing metal dan tidak mudah atau tidak praktis untuk mengganti baterai yang mulai bermasalah. Tidak semudah mengganti smartphone dengan baterai yang bisa dilepas pasang kapanpun kita mau. Alias, baterai rusak ya lem biru ! Lempar, beli yang baru ! hehe..

Namun tips yang saya dapatkan dari forum spesialis sebelah ini mungkin sedang anda butuhkan.
Dari http://forums.androidcentral.com dikatakan, informasi ini didapatkan langsung dari HTC tech support.

To reset battery and HTC charger when battery rapidly or erratically discharges, this procedure clears all battery stats, coordinates and normalizes charging.
Turn off Fast Boot in settings. Power off phone.
Plug phone into HTC charger and charge for two minutes or more
While charging, hold down volume up+volume down+power button and continue holding
Phone will turn on and off repeatedly every 15 seconds or so while continuing to hold all three buttons
Keep this going for 2 minutes, then release buttons when phone is ON
Now, let phone charge fully normally (with phone either on or off--doesn't matter) and battery level reporting, charging and battery life should be normalized.
Do this every month or so to keep power system healthy--even if everything seems fine. Also, don't leave phone on charger overnight for best long term battery life (according to HTC tech support: "The first thing they tell us." This is true even though charging is supposed to turn off when battery is at 100%)
Cara lain yang bisa dilakukan apabila smartphone memiliki battery drain issue, yaitu dengan melakukan metode wipe cache partition. Langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan baterai di smartphone anda, dan uncheck 'Fastboot'. -- Pada HTC One M7 dengan OS Lollipop pengaturan tersebut tidak ada, jadi skip saja ke step berikutnya.
  2. Shutdown/ Power off smartphone, dan tunggu sampai benar-benar mati, sekitar 10 detik setelah layar gelap.
  3. Tekan bersamaan dan tahan kombinasi tombol Vol - dan Power hingga smartphone menyala, jangan lepaskan vol - sampai tampil Bootloader Mode baru bisa dilepaskan.
  4. Gunakan tombol vol - untuk ke opsi RECOVERY, dan tekan tombol power untuk memilih/select. Smartphone akan reboot dan masuk ke Recovery Mode
  5. Pilih “Wipe Cache Particition”
  6. Perhatikan prosesnya, dan pilih Reboot setelah proses tersebut selesai.
  7. Smartphone akan boot dengan normal dengan kondisi baterai telah dikalibrasi.

Disarankan agar langkah ini dilakukan apabila memang benar-benar dibutuhkan. Karena ada faktor resiko, apabila sebelumnya baterai dalam kondisi baik lantas coba-coba melakukan ini, bisa berakibat malah baterai menjadi bermasalah, seperti yang kisahkan oleh salah satu pengunjung thread tersebut..

Unless your having serious issues, I wouldn't recommend this. My HTC M7 is 2 years old and has NEVER had a battery issue. My mate got the exact same phone 1 month before me and has had constant battery issues - slow charging, short battery life etc.
I thought I would try this before recommending it to him. Now my phone battery drains in 30 mins on game play (use to be 3 hours) and as an overall, has less than half the battery life. This happened the moment I did this 'fix'. Just a heads up for those who might not really need it :-(


Segala sesuatu ada faktor resiko yang harus ditanggung. Namun kemungkinan resiko tersebut tidak terjadi pada anda tetap ada. Do it with your own risk!

Semoga bermanfaat.

Credit to:
http://forums.androidcentral.com
http://www.blog.bongogadgets.com

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.