Sunday, May 26, 2013

Pasang Box Motor Tapi Tidak Egois

sumber: motorplus
 Pada kendaraan roda dua alias sepeda motor, terdapat banyak keterbatasan disamping keunggulannya dibandingkan dengan roda empat. Yang sangat mendasar yaitu, kurang memadainya space bagasi untuk membawa atau menyimpan barang di atas kendaraan tersayang. Apalagi apabila anda hobi berkendara jarak jauh menggunakan roda dua atau touring bersama komunitas, alhasil anda harus memiliki solusi untuk hal yang satu ini.

Sudah umum, pengendara sepeda motor jarak jauh memanfaatkan adanya tambahan atau ekstra bagasi atau box untuk sepeda motor untuk menunjang kebutuhan mereka. Macam ukuran, merk, tipe dan harga banyak tersedia di pasaran. Seperti dibahas di link ini yang dikutip dari Republika. Bahkan, sekarang ini penggunaan ekstra bagasi ini juga diterapkan untuk keseharian berkendara, karena manfaatnya juga terasa untuk pemilik helm dan jaket yang berharga lumayan ketika kendaraan diparkir di tempat umum. Dan untuk membawa berbagai barang yang selalu anda bawa ketika berangkat kerja misalnya.

Tapi, ada minusnya juga masbro,,

sumber: motorplus
Tidak jarang terjadi kecelakaan akibat pengendara lain tidak sengaja bersenggolan dengan box yang terpasang gagah dan manis di sepeda motor kesayangan. Tidak sedikit juga yang sampai kehilangan nyawa karenanya.

Hal terpenting bila anda menggunakan ekstra bagasi ini yaitu menjaga perilaku berkendara anda agar tidak merugikan pengendara atau pengguna jalan lain baik roda dua atau roda empat dan pesepeda atau pejalan kaki. Saya yakin, anda bukan orang bodoh yang hanya ingin gagah-gagahan dengan box tersebut khan..



Saya sendiri juga memasang box yang saya manfaatkan untuk berbelanja bulanan atau untuk perjalanan jauh ketika mengunjungi orang tua yang tinggal di luar kota dengan menggunakan sepeda motor. Terkadang saya juga memasang sidebag berbahan kain sebagai tambahan, apabila sepulangnya dari tempat ortu tidak digunakan bisa dilipat atau dilepas.

Lebih baik lagi bila pada area belakang bagasi ditambahkan lampu yang berfungsi untuk sign apabila motor anda akan berbelok atau berhenti. Karena dengan adanya box di buntut motor, fungsi stoplamp dan sign yang standar menjadi tidak maksimal karena terhalang box itu sendiri. Tidak disarankan menggunakan lampu yang malah menyilaukan mata. Karena ingin gaya, bisa jadi malah membuat pengendara dibelakang anda celaka seperti kecelakaan akibat lampu yang dialami masbro di link ini.

Jadi, marilah kita menjaga keselamatan sesama pengguna jalan dengan tidak menjadi pengendara yang egois.

Safety First.







No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.