Saturday, May 25, 2013

Siapa Yang Salah?

sumber:
http://www.tribunnews.com/2012/07/30/motor-versus-
transj-di-jatinegara-pengendara-motor-kritis

Jalur busway seringkali jadi pilihan favorit untuk menghindari jalan raya regular yang biasanya padat pada jam-jam pulang kerja. Meskipun sudah jelas ada larangan bagi kendaraan selain tranjakarta untuk memasuki jalur tersebut. Kurang memadainya pengawasan di jalur busway ini dimanfaatkan oleh pengendara nakal dengan alasan bisa tiba dirumah lebih cepat. Benarkah kita bisa lebih cepat tiba dirumah akibat pelanggaran ini? Salah-salah lebih cepat tiba dirumah sakit atau pulang selamanya.

Beberapa berita sering ditemui yaitu mengenai kecelakaan di jalur busway. Minggu lalu saya menyaksikan sendiri adanya tragedi menegangkan di jalur khusus ini, tepat sebelum shelter Pejaten.

Seorang pengendara sepeda motor matic, Vario berwarna putih kalau tidak salah, terjatuh disisi kanan depan bus transjakarta. Tampaknya si pengendara bertubuh besar dan mengenakan jaket krem bercelana tanggung itu berusaha mendahului bus memanfaatkan celah sempit disisi kanan bus. Mendekati shelter terlihat jalan menyempit, dan si pengendara terjatuh dan nyaris terlindas roda depan bus.. Kalau saja bus tidak berhenti tepat pada waktunya...

Nampaknya tidak terluka, karena saat petugas-petugas shelter akan menghampiri untuk membantu, pengendara tsb bangkit sendiri, menyalakan mesin sepeda motor dan langsung memacu lagi kendaraannya.. Whuuss...

Entah apa yang terbesit di benak si pengendara atas kejadian yang baru dialaminya tadi. Kelihatannya santai saja dia berlalu tanpa ada tegang sedikitpun diekspresi wajahnya.

Sangat kontras bila dibandingkan dengan wajah sopir bus, yang terlihat sangat tegang..

Yah.. semoga ini jadi pelajaran bagi yang mengalami dan yang menyaksikan..
Beruntung, kalau ini terjadi pada anda dan anda masih bisa memikirkan, menceritakan sendiri kepada teman anda, atau menyesali kejadian yang menimpa anda ini.

Kalau anda meninggal?

Ingat keluarga anda.

Keep Safety.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.