Monday, June 22, 2015

Waspada Tabung Gas Elpiji Kadaluarsa

Sore ini kami kedatangan tim survey dari sebuah perusahaan ( payahnya saya lupa nama perusahaannya... padahal sempet nanya dan baca dokumennya hehe.. ) yang ditugaskan untuk memeriksa kondisi kelayakan tabung gas elpiji yang dipakai di setiap rumah.

Menurut petugas, tim mereka tersebar dengan bagiannya masing-masing, yaitu mengecek rumah-rumah, toko atau agen dan distributor.

Sempat agak ragu dan parno juga, kuatir mereka hanya sales yang berkedok survey atau bahkan punya niat lebih buruk lagi. Tapi, berhubung toh tidak ada apapun dirumah yang mungkin bisa menarik minat pelaku perampokan atau kriminal lainnya, ya sudah saya persilahkan dan coba cermati penjelasannya.



Berdasarkan list yang sempat saya lihat, ternyata tabung yang beredar di wilayah kami cukup banyak yang memiliki label yang mengartikan tahun 2012 - 2014. Dan tabung yang kebetulan dipakai di rumah ternyata memiliki label C-14. Menurut petugas tersebut, tabung ini sudah melewati masa kadaluarsa.

Yang dikhawatirkan apabila kita tetap menggunakan tabung tersebut tanpa mengecek terlebih dahulu, adanya kebocoran gas akibat karat atau korosi di sisi-sisi dan sambungan las-lasan tabung. Dan saya akui memang, konsumen seperti saya memang malas mengetes kondisi tabung sebelum digunakan dengan cara mencelupnya ke dalam air.
Selama ini saya memilih percaya dengan produk yang tersedia di warung atau agen terdekat. Karena toh apabila komplain minta ganti pun ketersediaan barang hanya itu-itu saja dan kondisinya tidak jauh berbeda dengan tabung lainnya.

Setelah memberikan penjelasan singkat mengenai masa kadaluarsa dan resikonya, petugas pun pamit. Dan tidak menawarkan produk apapun, lantas menuju rumah lainnya.

Penasaran, saya mencari info lebih jauh di internet mengenai ini.Berikut ini adalah bagaimana kita dapat memeriksa masa kadaluwarsa dari tabung LPG, tanggal kadaluwarsa ditulis dalam alfa code sesuai nomornya sebagai A atau B atau C atau D dan sekitar dua digit angka mengikutinya,

Contohnya :

D 06
Abjad mewakili empat bulanan (1 kwartal):
A untuk bulan Maret
B untuk bulan Juni
C untuk bulan September
dan D untuk bulan Desember
Dua digit angka berikutnya merupakan tahun kadaluwarsa.
Maka "D06" berarti Desember 2006

Sebarkan pengetahuan ini barangkali bisa menyelamatkan seseorang.

Credit to: https://kautsarku.wordpress.com/2010/06/14/periksa-sebelum-meledak-ternyata-tabung-gas-elpiji-punya-waktu-kadaluwarsa/

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.