Saturday, June 13, 2015

Crossover Bike dari Honda

Indonesia kedatangan deretan big bike Honda yang secara resmi diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu yang lalu. Enam model yang diluncurkan yakni CBR1000RR SP, NM4 Vultus, CBR650F, CB650F, CB500F dan CB500X.

Yang menarik perhatian saya yaitu, satu diantaranya ada varian Crossover yang dikenalkan sebagai CB500X, yang menurut data penjualan sementara diantara model yang lainnya yaitu ternyata CB500X merupakan yang paling laris saat ini. Seperti dilansir di sini.

Dengan warna hitam yang membalut seluruh bodi, sepintas ada sesuatu yang familiar saya rasakan. Benar saja, desain tersebut seperti sosok crossover AHM yang berkubikasi 125cc yang sempat hadir di Indonesia pada tahun 2008 silam. Yup! Honda CS1 125cc. Memang, di luar Indonesia CB500X ini telah launching terlebih dahulu bersama dengan big bike lainnya. Tetapi, dengan warna dominan hitam ini membuat kesan mirip tersebut semakin berasa..


 Ada tanda tanya kecil, mungkinkah hal ini disengaja oleh AHM, dengan melaunching produk ini menggunakan kelir dominan hitam agar sedikit menyentil masyarakat Indonesia yang pernah menolak atau tidak mempedulikan hadirnya Honda CS1 125cc yang konon didesain sedemikian rupa agar membuat gebrakan dan berharap membuat seluruh masyarakat pencinta roda dua terkesan, sehingga produk crossover 125cc yang dibilang aneh tersebut diimpikan laris manis dan melegenda ?


Terlihat disini, bukan desainnya tidak disukai oleh seluruh pencinta roda dua tanah air, namun memang itu soal selera dan kemampuan alias daya beli. Bahkan menyoal fuel tank yang terletak dibawah seat tidak seutuhnya menjadi penyebab utama Honda CS1 125cc tidak dipedulikan. Saya melihat bahwa cukup banyak masyarakat Indonesia dengan daya beli lebih baik, lebih memilih crossover CB500X ini dibanding model lainnya (Bosan mungkin? hehe..). Dan di luar Indonesia bahkan kloningan Honda CS1 125cc banyak diminati, dan didistribusikan dalam beberapa merk dengan desai serupa tapi tak sama.

Benarkah demikian?

Iseng-iseng, mari sejenak kita flashback beberapa tahun kebelakang, dan anggap saja Honda CS1 125cc ini launching berbarengan dengan big bike Honda CB500X. Kira-kira akan seperti apa ya hasil penjualannya serta keberterimaannya di masyarakat negri tercinta ini ? hehe


Ini hanya opini dan pemikiran kecil saya saja loh... who knows? hehe..





























No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.