Monday, November 14, 2016

Cara Mengaitkan Youtube Dengan Google Adsense

Bagi anda yang hobi dengan video dan gemar upload ke situs YouTube, tentunya paham ya, karena sudah menjadi rahasia umum bahwa YouTube dapat dimanfaatkan sebagai penghasilan. Fitur monetize pada YouTube bisa menghasilkan dollar untuk setiap iklan yang tayang dan klik.

Namun, untuk dapat mencairkan earning yang didapatkan dari video YouTube anda perlu mengaktifkan koneksi ke akun Google Adsense.

Caranya tidak terlalu sulit, namun butuh ketelitian dan kesabaran.



Pertama kali aktifkan monetization untuk YouTube anda. 
1. Buatlah Channel untuk video yang akan anda monetize nantinya. Lengkapi channel dengan Channel Icon dan Channel Art untuk memudahkan dan memaksimalkan monetize nantinya.

2. Setelah channel tersedia, upload video anda. Sebaiknya hasil rekaman orisinil atau video yang isinya tidak melanggar hak cipta baik pada gambar atau suaranya. Pelajari tentang hak cipta di YouTube.

3. Buka menu Channel lalu akses ke 'Status and features', Enable Monetization. Apabila anda tidak memiliki masalah hak cipta pada video yang dimiliki maka fitur tersebut akan dapat dengan mudah diaktifkan. Fitur Monetization akan berubah menjadi Ineligible dan tidak bisa diutak atik apabila YouTube menilai status akun anda bermasalah pada hak cipta.

4. Langkah selanjutnya, akses halaman Monetization dan tentukan Adsense Association, dan arahkan ke akun Google Adsense anda. Anda bisa memulai mendaftar baru Google Adsense di sini menggunakan akun email yang belum pernah digunakan mendaftar atau tidak sedang dalam proses pengajuan atau masa review atau penangguhan oleh Google Adsense. Apabila sudah memiliki akun Google Adsense yang aktif, silahkan langsung login menggunakan akun Google Adsense anda tersebut.











5. YouTube dan Google Adsense akan memberikan konfirmasi kepada anda selepas anda sukses memverifikasi bahwa kedua akun (YouTube dan Google Adsense) yang dihubungkan benar milik anda atau dengan persetujuan anda.




Aktifkan Monetize Pada Video
1. Setelah memiliki video, anda bisa membuka Video Manager untuk melihat video yang anda unggah dan pilih 'edit' untuk mengkonfigurasi. 
2. Untuk mengaktifkan fitur monetize pada video, buka tab Monetization dan aktifkan fitur tersebut. Apabila pada video anda terdeteksi memiliki konten yang melanggar biasanya fitur monetize tidak dapat diaktifkan dan ada pemberitahuan. 
3. Jangan lupa publish video anda ya...





Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.