Tuesday, April 28, 2015

Pentingnya Mengontrol Kondisi Bracket Dan Boks Motor Anda

Bagi anda bikers yang menggunakan top box atau boks untuk menampung barang bawaan di motor anda, mungkin bisa memetik pelajaran dari kejadian yang saya alami malam tadi (27/04/2015).

Ketika itu saya sedang dalam perjalanan pulang dari tempat teman di kawasan Jakarta Barat, dan waktu menunjukan sekitar pukul 23:55 WIB sebelum saya beranjak dari rumah teman saya tersebut. Karena suatu keperluan, dan baru selesai mengerjakan freelance support, saya terpaksa pulang larut malam.

Tentu saja, kekhawatiran terbesit di pikiran ditengah isu rawan aksi perampokan sepeda motor di jalan alias begal yang sedang ramai saat ini. Alhasil, sepanjang jalur yang saya lalui dan sangat sepi tersebut saya menerapkan salah satu tips yang diberikan di media sosial belakangan ini.

Saya pun mengantungi martil yang cukup besar yang kebetulan juga saya gunakan untuk bekerja hari itu. Dan saya pun melaju lumayan kencang ( baca: ngebut ) sepanjang jalur pulang tersebut.

Ketika melalui underpass sebelum Pondok Indah menuju arah Jl. TB. Simatupang, ternyata terdapat parit yang kondisinya agak terlalu legok kedalam.. (apa ya nyebutnya..hehe..)  alias tidak rata atas sama dengan aspal jalan. Dan itu terdapat di kedua sisi pintu underpass tersebut.
Karena laju sepeda motor yang lumayan ngacir pada saat itu, alhasil saya tidak sukses melambatkan kendaraan dan memutuskan untuk lepas gas dan pasrah melibasnya.

Cukup dahsyat guncangannya, dan sepeda motor pun melambat. Namun ketika melibas parit kedua di sisi lainnya tiba- tiba terdengar suara gesekan yang amat besar dan kasar di belakang saya. Sempat mengira bahwa suara tersebut berasal dari suara sepeda motor lain yang terjatuh. Namun seingat saya sedari tadi tidak nampak ada kendaraan lain dalam jarak cukup dekat di belakang.

Ketika sedikit menengok kaca spion, ternyata tampak sebuah boks motor yang saya kenali ( kenal banget malah..) sedang melacu di aspal mengikuti arah motor saya dibelakang... dan karena kecepatannya boks tersebut sempat hampir menyentuh roda belakang sepeda motor saya ketika saya berhenti.

Walah..walaaah... boks motor saya toh yang terlepas.... !!!


Karena situasi jalan yang lumayan sepi, saya memutuskan bergegas dan terpaksa boks tersebut pindah posisi, yaitu di depan tubuh dijaga oleh kedua lengan dan kaki. Pegel pisaan eeuuyy..!!

Akhirnya perjalanan berakhir, sekitar 35 menit saya tiba di rumah. Alhamdulillah...
Ketika di cek, tidak ada satu bagian pun yang hilang baik di bracket maupun di kaki boks. Pengunci pun berfungsi baik. Namun setelah diteliti lebih jauh, ternyata di bagian antara kaki penahan boks dengan alas boks tersebut, sudah retak lumayan. Dan retakan tersebut tampaknya sudah lama ada dan perlahan semakin memanjang.

Rupanya, goncangan tadi membuat retakan bertambah besar. Muatan boks yang full dan lumayan juga membuat bobot boks terlempar dari dudukannya.
Beruntung, tidak ada peralatan elektronik disimpan di boks itu.

Hal ini membuktikan bahwa sangat penting mengontrol kondisi bracket, kunci boks dan kaki-kaki penahan boks secara berkala. Berharap kejadian serupa tidak dialami pengunjung sekalian. Beruntung, tidak ada korban atas insiden tersebut.



So,

Utamakan Keselamatan, Waspada Begal dan Waspada Insiden dan Kecelakaan Tunggal dengan selalu mengontrol kesiapan kendaraan dan aksesori pendukungnya sebelum berkendara.



Salam.




~ Terima kasih kepada seorang pengendara sepeda motor yang sempat membantu saya mengambil boks tersebut. Maaf dalam kondisi tersebut saya sempat berprasangka tidak baik dan beruntung anda bukan orang jahat yang saya khawatirkan, meskipun penampilan anda tidak menunjukkan demikian, on my opinion hehehe...






No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.