Thursday, March 26, 2015

Manfaatkan Fungsi LAN pada File Manager BlueStacks untuk berbagi drive di PC

BlueStacks merupakan aplikasi PC yang memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi smartphone android di PC. Banyak hal bermanfaat karena kerennya aplikasi ini.

Misalnya, dengan menggunakan salah satu aplikasi chat yang belum disupport oleh PC untuk mengelola pesanan toko online milik anda di depan PC (dengan BlueStacks), anda dapat menerapkan jam operasional toko online dengan tepat waktu, dan tanpa mengganggu aplikasi chat yang sama yang terpasang di smartphone android anda. Akun chat di PC anda dapat dipublikasikan sebagai akun bisnis. Sedangkan fungsi aplikasi chat yang sama di smartphone anda bersifat lebih personal.

Ada cara agar dapat lebih mudah mengakses file foto, video atau dokumen lainnya di direktori PC anda tanpa harus repot-repot meng-copy atau drag-drop file tersebut ke folder khusus melalui File manager yang terinstal di BlueStacks setiap kita memerlukan sebuah file.

Cukup simple, dengan menggunakan aplikasi file manager android bernama ES File Explorer yang dapat diinstal dari App Store BlueStacks. Dan memanfaatkan pengaturan LAN di aplikasi tersebut serta menyatukannya dengan pengaturan file sharing di PC anda.

Yang perlu anda lakukan adalah:
Di PC
1. Pastikan anda memiliki IP Statis untuk PC anda. Misalkan: 192.168.1.120
2. Share direktori atau drive yang ingin anda akses melalui File Manager di BlueStacks.
3. Berikan user dan hak akses khusus aplikasi BlueStacks untuk mengakses share ini, agar tidak sembarang orang yang satu jaringan dengan anda bisa mengakses data di PC anda.




Di File Manager BlueStacks
1. Buat pengaturan Network pada File Manager
2. Arahkan ke IP PC anda yang berlaku sebagai server
3. Berikan user dan password yang sudah dibuat khusus untuk aplikasi BlueStacks




Selanjutnya, apabila anda ingin mengakses data share PC anda dari aplikasi File manager yang terpasang di BlueStacks, silahkan buka Network pada aplikasi tersebut, lalu pilih server alias PC yang anda setup tadi.







Anda dapat mengunduh aplikasi BlueStacks di situs resminya yaitu http://www.bluestacks.com/ .
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Salam.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.