Friday, February 21, 2014

Membuat beberapa file *.rar dalam sekali klik

Soal kompresi file, kita biasa menggunakan aplikasi seperti WinZIP, WinRAR, 7zip dkk. Caranya tidak begitu sulit dan hasilnya sangat membantu kita melapangkan kapasitas harddisk atau flashdisk. Size yang dihasilkan semakin mempermudah saat akan mengirim file tersebut via email yang dibatasi size uploadnya.

Untuk bahasan kali ini, saya hendak share mengenai kompresi file  menggunakan WinRAR saja.
Cara biasa, untuk mengkompresi file, kita cukup melakukan klik kanan pada file atau folder yang hendak diperkecil dalam format *.rar. Lalu pilih menu untuk compress file dan tambahkan opsi2 lain yang dibutuhkan. Anda mungkin familiar dengan cara tersebut.


Nah, langkah dibawah ini mungkin bisa membantu anda apabila ingin melakukan proses kompress file lebih dari 1 file tanpa harus berulang-ulang memilih dan menunggu dan memilih lagi file satu persatu sehingga akan mempersingkat waktu anda. Persiapannya yaitu:

1. Download aplikasi rar di situs resminya atau dimana saja. Bisa cari di google
2. Buat file dengan format *.bat , misalnya compress.bat
3. Isi dengan teks dibawah dan simpan.
"D:\MyData\Rar.exe" a "TEST-HASIL.rar" "D:\MyData\TEST"
Penjelasan dari isi script diatas yaitu, saya asumsikan aplikasi rar dan foder TEST yang akan dikompres ada dalam satu direktori yaitu di D:\MyData\ .Buat folder bernama TEST apabila belum tersedia di D:\MyData\ .

Anda dapat menambahkan beberapa baris lagi dengan format yang sama untuk beberapa file sekaligus, jangan lupa save.
"D:\MyData\Rar.exe" a "TEST-HASIL.rar" "D:\MyData\TEST"
"D:\MyData\Rar.exe" a "Candi Mendut.rar" "D:\MyData\Candi Mendut.doc"
"D:\MyData\Rar.exe" a "Biodata.rar" "D:\MyData\Biodata.pdf" 
Penjelasan dari isi script diatas yaitu, saya asumsikan aplikasi rar danfolder dan file  yang akan dikompres ada dalam satu direktori yaitu di D:\MyData\ .Buat folder bernama TEST , file Candi Mendut.doc dan Biodata.pdf apabila belum tersedia di D:\MyData\ .

4. Coba jalankan / execute file yang dibuat tadi dan lihat hasilnya akan tersedia file TEST-HASIL.rar, Candi Mendut.rar dan Biodata.rar di direktori D:\MyData

Semoga bermanfaat. Selamat Mencoba.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.