Friday, February 21, 2014

Hapus File dan Menyisakan Beberapa File Terakhir Secara Otomatis

Apabila kita memiliki sebuah task untuk membackup log suatu sistem atau aplikasi secara harian misalnya, tentu akan sangat menjengkelkan kalau kita harus berhadapan dengan masalah kapasitas yang terbatas.

Ada solusi menarik yang patut and coba., yaitu dengan memanfaatkan sebuah aplikasi kecil dan fitur task scheduler milik sistem operasi windows.

Apabila anda memiliki sebuah direktori yaitu LOG, yang didalamnya terdapat banyak file yang terbuat secara otomatis oleh system atau aplikasi dengan format tanggal misalnya log-2014-02-21.txt, log-2014-02-20.txt, log-2014-02-19.txt, ...dst, ..dst... . Anda bisa membatasi jumlah file yang disisakan misalnya hanya 3 file terakhir dan lainnya akan dihapus secara otomatis.

Langkahnya yaitu:
1. Download aplikasi DelOld.exe, bisa cari di Google
2. Buat file berformat *.bat, misalnya autodel.bat, lalu simpan di direktori D:\MyData
3. Isi file tersebut dengan baris sbb:
"D:\MyData\delold.exe" "D:\MyData\LOG\*.txt" /k=3

Penjelasan dari script diatas, saya asumsikan aplikasi delold.exe terletak di direktori D:\MyData, dan file yang akan dihapus terletak di direktory D:\MyData\LOG . Parameter /k=3 artinya file yang disisakan berjumlah 3 file, sisanya dihapus.

4. Lakukan pengujian dengan menjalankan file autodel.bat, sebelumnya pastikan file log tersebut berjumlah diatas 3, agar terlihat hasilnya.

5. Setelah berhasil membuat script diatas, sekarang anda bisa automatisasi script tersebut dengan memanfaatkan task scheduler milik sistem operasi windows.

Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.