Saturday, July 25, 2015

Pertamax Membersihkan Kerak Ruang Bakar?

Dewasa ini, banyak konsumen bbm pemilik kendaraan bermotor memilih bbm premium sebagai minuman kendaraannya sehari-hari. Bukan tanpa sebab, selain harga yang paling rendah diantara tipe bbm lainnya, tidak sedikit konsumen yang beralih dari Pertamax karena alasan ekonomi.
Harga bbm sekelas RON92 seperti pertamax memang tidak banyak terusik oleh kebijakan-kebijakan pemerintah terkait subsidi bbm. Sedangkan bbm Premium lumayan mengalami pergolakan hebat, terutama bagi konsumen dari masyarakat bawah. Kendaraan umum dan sepeda motor merupakan konsumen mayoritas untuk tipe bbm ini.
Lantas, mengapa harus beralih dari Pertamax ke Premium?


Memang, secara langsung bbm Pertamax tidak mengalami perubahan harga signifikan. Kita tahu, Premium lah primadona dalam memanjakan konsumen karena subsidi yang diberikan pemerintah, sehingga secara tegas efeknya luar biasa hebat ketika harga mengalami perubahan. Beberapa alasan seperti melonjaknya harga bahan pokok, atau tarif atau sewa angkutan umum berimbas kepada daya beli bbm pertamax.
Banyak yang juga menggunakan bbm bergantian, misalnya dalam sebulan mengisi premium 3 minggu lalu sisanya pertamax.
Salah satu sumber mengatakan, alasan menerapkan demikian agar kerak yang timbul akibat menggunakan bbm premium bisa bersih kembali karena terkena pertamax.
Benarkah demikian?
Memang penggunaan bbm premium dikeluhkan meninggalkan kerak pada ruang bakar. Namun tidak serta merta dengan mengguyur ruang bakar menggunakan bbm pertamax akan mengikis dan membersihkan kerak yang tertinggal.
Pertamax hanya tidak meninggalkan kerak. Kalau ingin membersihkan dari kerak, gunakan cairan khusus untuk kebutuhan tersebut, seperti carb cleaner.
So, sah-sah saja menerapkan sistem begitu. Tapi ya alasannya itu loh...
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas penulisan komentar yang bersahabat, membangun dan bermanfaat.